Cara membuat website PTC menggunakan WordPress

August 19, 2018 Artikel,WordPress Kholis Muhaimin

Plugin WordPress untuk membuat website PTC susah sekali, di Codecanyon pun kurang memuaskan. Jangan khawatir, pada tutorial ini kita akan menggunakan beberapa plugin dan semuanya GRATIS! Cara kerja fitur PTC pada tutorial ini adalah sebagai berikut.

  1. Advertiser pasang iklan, sebelum pasang iklan. Advertiser harus mempunyai Point terlebih dahulu, point ini bisa didapatkan dengan berbagai cara. Cara paling mudah adalah dengan membeli point.
  2. Tiap iklan yang di pasang Advertiser bisa diatur berapa point yang berkurang jika iklan Advertiser diklik.
  3. Member yang mengklik iklan si Advertiser hanya bisa 1 klik per iklan agar dapat point. Jika mau dapat point lagi, harus klik iklan lainnya.
  4. Point ini bisa di withdraw ke Rekening, aturan berapa Rupiah jika 1 Point terserah admin.

Ok, segitu dulu garis besar point2 fiturnya. Saya jelaskan juga fitur-fitur plugin yang akan kita install. Sebelum menginstall plugin2, pastikan kamu sudah menginstall WordPress ya 😀

1. Buddypress

Kita perlu plugin ini sebagai member area, jadi member dan Advertiser bisa tahu dapat berapa point atau berapa point yang berkurang. Download Buddypress disini https://id.wordpress.org/plugins/buddypress/

2. myCRED

Fungsi plugin myCRED adalah sebagai Point Management, pengaturan berapa point yang akan didapatkan oleh member diatur oleh plugin ini. Untuk mengatur penambah atau berkurang point, kita harus mengaturnya di Hooks.

Cara ngaturnya, PointsHooks. Disana kita bisa mengatur bagaimana user mendapatkan point, bisa klik iklan atau melihat iklan. Input nilai negatif jika kamu ingin point advertiser berkurang dan pindah ke member lain, ini lah cara kerja PTC.

Jadi ketika advertiser ini posting iklan, kita akan setting berapa point yang didapatkan oleh member lain dan berapa point yang akan berkurang dari point advertiser.

Pada gambar di atas, kita mengaktifkan Hooks Points for viewing content. Viewing Iklan Premium adalah Custom post type, saya membuat custom post type menggunakan plugin Custom Post Type UI​.

3. Custom Post Type UI​

Kita membutuhkan plugin Custom Post Type UI​ untuk membuat Post type Iklan, biar engga kecampur sama artikel maupun page. Cara mebuat custom post type udah saya buatkan tutorialnya disini.

Jika CPT UI kamu tidak ada pilihan centang Editor, kita harus mengaktifkan secara manual melalui script. Copy pase script custom post type Iklan ke functions.php, pilih CPT UIAdd/Edit Post Types – tab View Post Types untuk mengcopy script post type Iklan.

Pada gambar di atas, Custom posty type Iklan baru support Title dan Thumbnail. Setelah di copy paste ke functions.php, tambahkan script “editor” agar custom post type kita support Editor.

Jika berhasil membuat custom post type, akan tampil di dashboard seperti pada gambar di atas.

4. WP User Frontend

Setelah kita membuat Custom Post Type, yang tujuannya adalah agar konten iklan ini tidak campur sama artikel bawaan WordPress. Maka langkah selanjutnya adalah gimana caranya member bisa posting iklan sendiri dan posting iklan tersebut terhubung dengan Custom Post Type iklanpremium, bukan sebagai artikel biasa.

Untuk itu kita memerlukan plugin WP User Frontend, ikuti langkah di bawah untuk menyelesaikan masalah di atas.

  1. Download dan insall plugin WP User Frontend
  2. Kita perlu menghubungkan WP User Frontend dengan Custom Post Type, perhatikan gambar di bawah.

Buka User FrontendPost Forms, pada gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa:

  1. Form kita namain Sample Form.
  2. Post Type nya adalah post, ini yang harus kita ganti ke post type iklanpremium.
  3. Post Status, Published. Artinya ketika member posting iklan langsung muncul di halaman tanpa moderasi. Kita bisa men setting agar sebeleum tampil harus berdasarkan persetujuan admin.
  4. Guest Post, kita mengijinkan selain member posting iklan atau tidak.
  5. Shortcode, gunakan shortcode form dimanapun kita mau.

Kita akan ganti post type post ke post type iklanpremium, edit Sample Form – tab Settings.

Pada tab SettingsPost Settings, rubah Post Type ke iklanpremium dan rubah Post Status ke Draft, Pending Review, Private atau Published.

Sedangkan untuk menampilkan seluruh Iklan Premium, kita harus membuat Custom Template Page. Tutorial nya bisa di cek di artikel ini, https://www.kholis.net/membuat-template-untuk-custom-post-type-dan-taxonomy/

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Yes No