Cara install WordPress menggunakan Google Cloud Platform

July 23, 2018 Artikel,WordPress Kholis Muhaimin

Google Cloud Platform ngasih free kredit sebesar $300 yang bisa kamu pakai selama setahun, kredit ini bisa kamu belanjain sampai habis. Kalo bisa seh gimana caranya $300 ini cukup untuk setahun, kalo keburu habis ditengah jalan ya layanan Google Cloud Platform mu pasti dihentikan.

Untuk mendapatkan kredit Google Cloud Platform kamu harus menglink kan CC kamu ke Google, kalo saya pakai kartu Jenius. Lupa kapan ngelink kan kartu Jenius ku ke Google, tapi kayaknya waktu beli game di Google Playstore deh :D.

1. Membuat Project di Google Cloud Platform

1. Login ke https://console.cloud.google.com

2. Buat project baru dan tunggu sampai project baru selesai dibuat.

3. Buat instance baru di dashboard GCP, pilih “Compute Engine” -> “Instance VM”. Lalu “Buat” instance baru.

4. Setting Instance

Settingan secara default sangat mahal biaya bulannya, untungnya Google Cloud Platform punya layanan Free Trier aka Always Free. Jadi walapun sudah setahun, kita tetep bisa pakai VPS dari Google ini. Cara settingnya seperti digambar di atas ya. Untuk Firewall: beri centang di HTTP dan HTTPS

Memanage VPS dengan ServerPilot

Setelah berhasil membuat instance (VPS) saatnya kita memanage VPS tersebut dengan ServerPilot. Jadi nanti kita bisa install WordPress dengan mudah dan lengkap, engga perlu install PHP, database satu persatu. Untuk menggunakan ServerPilot, kamu harus daftar dulu disini.

Jika berhasil daftar, kamu harus meng connect kan VPS dengan ServerPilot dengan memilih Server Connect.

Pada halaman baru akan muncul beberapa Command text untuk menginstall webserver,php dan mySQL di VPS kamu.

Copy command text yang muncul seperti pada gambar di atas, paste kan ke SSH di instance VPS.

Tunggu beberapa saat, jendela SSH akan muncul.

Tunggu sampai proses instalasi Webserver,PHP dan mySQL

Menginstall WordPress menggunakan ServerPilot

Pada dashboard ServerPilot, klik tombol Create App. Isi form di bawah dengan data WordPress kamu, perhatikan yang dilingkari.

Mengarahkan Domain ke VPS

Setelah itu kita harus mengarahkan domain ke VPS, caranya kamu harus menambahkan A record kedalam DNS manager domain. Untuk itu kita harus login ke Cpanel kemudian pilih Zone Editor, klik tambah A record.

Setelah itu akan tampil form yang harus kita isi dengan data VPS dari Google Cloud platform, isi dengan IP External dari instance mu. Tunggu propagasi selesai biasanya 1×24 jam, jangan lupa ya cek domain mu setelah masa progagasi 😀

 

87 total views, 4 views today

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Yes No